1. Berdasarkan prioritas persaingan perusahaan dalam menawarkan produk dan jasa yang dihasilkannya, manajer operasi harus memilih...
a. Strategi aliran fleksibel (flexible flow strategy)
b. Strategi aliran lini (line flow strategy)
c. Strategi aliran (flow strategy)
d. Strategi menengah (intermedite flow strategy)
Jawaban : C
2. Perbedaan produk dan jasa dalam mempengaruhi bagaimana keputusan operasional digunakan,maka produk dalam...
a. Pemilihan lokasi dekat bahan baku dan tenaga kerja
b. Standar kualitas subyektif
c. Penjadwalan berkenaan dengan kemampuan bertemu pelanggan sesuai jadwal
d. Pemeliharaan bersifat perbaikan dan dilakukan terhadap pelanggan
Jawaban : A
3. Menurut Porter, Strategi pelayanan dengan memberikan pelayanan yang unik yang berbeda dari pesaing dinamakan...
a. Strategi diferensiasi (differentiation strategy)
b. Strategi kepemimpinan biaya (cost leadership strategy)
c. Strategi fokus (focus strategy)
d. Strategi biaya rendah (low cost strategy)
Jawaban : A
4. Kelompok strategi yang merupakan perilaku konsisten dalam seperangkat kegiatan disebut bentuk strategi sebagai...
a. Rencana
b. Model
c. Cara
d. Posisi
Jawaban : B
5. Kemampuan suatu organisasi jasa untuk memberikan perhatian kepada penerima jasa disebut...
a. Responsiveness
b. competence
c. Emphaty
d. Tangibles
Jawaban : C
6. Kegiatan bidang usaha fungsional dengan tanggung jawab yang jelas yang ada pada manajemen lini dan berkaitan dengan bidang manajemen dan pengelolaan semua proses individu seefektif mungkin disebut...
a. Penelitian operasi (operation reseach)
b. Sain manajemen (management science)
c. Manajemen operasi (operation management)
d. Perancangan industrial (industrial engineering)
Jawaban : C
7. Kegiatan desain proses, tata letak, perencanaan produksi, pengendalian persediaan, pengendalian dan pengelolaan kualitas, perencanaan kapasitas, dan manajemen kerja adalah tanggung jawab bidang...
a. Manajemen operasi
b. Manajemen pemasaran
c. Manajemen keuangan
d. Manajemen sumber daya manusia
Jawaban : A
8. Dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan harus dapat diukur atau dibuat standarnya disebut...
a. Reliability
b. Responsiveness
c. Assurance
d. Tangibles
Jawaban : D
9. Dimensi kualitas pelayanan meliputi: tangibility, realibility, responsiveness, assurance, dan empathy merupakan pendapat yang dinyatakan oleh...
a. Gronroos (1984)
b. Parasuraman et al (1988)
c. Hedvall dan paltschik (1989)
d. Lehtinen dan Lehtinen (1991)
Jawaban : B
10. Dari segi pelayanan kepada pelanggan dan ciri penyampaiannya, kuadran yang tidak ada hubungan formal antara pelanggan dengan perusahaan jasa dan transaksi dilakukan tidak secara terus-menerus dapat diberikan contoh pada pelayanan...
a. Asuransi
b. Stasiun radio
c. Pembelian tiket di bioskop
d. Restoran
Jawaban : D
11. Desain produk tidak dapat diubah dengan mudah karena perubahan desain produk akan menyebabkan perubahan...
a. Proses Produksi
b. Produk
c. Jasa
d. Fasilitas produksi
Jawaban : A
12. Pendeketan yang digunakan dalam mengevaluasi kualitas pelayanan dimana klien dan personil menggunakan kriteria yang stabil ketika menilai kualitas interaksi disebut pendekatan...
a. Kejadian penting
b. Keefektifan
c. Sosiologi
d. Dimensional
Jawaban : D
13. Metode untuk mengukur kualitas pelayanan dengan membandingkan persepsi pelayanan yang diterima dan yang diharapkan disebut...
a. Servqual
b. Servperf
c. Skala EP
d. Hedperf
Jawaban : A
14. Menurut Krajewski et al. (2007) pelanggan adalah faktor utama dalam menentukan lokasi perusahaan jasa, karena sifat pelayanan yang tidak dapat ditundA. Pelanggan akan memilih pelayanan yang mudah terjangkau. Hal ini merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan jasa yaitu...
a. Lokasi pesaing
b. Biaya transportasi dan kedekatan dengan pasar
c. Kedekatan dengan pelanggan
d. Faktor-faktor khusus lokasi
Jawaban : D
15. Reaksi untuk mengobservasi perilaku pelanggan bila mereka harus memilih diantara pesaingnya, lebih tepat menggunakan strategi pemilihan lokasi yang disebut...
a. Pengklasteran kompetitif
b. Pemasaran jenuh
c. Perantara pemasaran
d. Mensubtitusikan komunikasi
Jawaban : A
16. Teknik matematika yang digunakan untuk menemukan lokasi pusat distribusi tunggal yang melayani sejumlah lokasi yang terkait, seperti pemasok, pelanggan disebut metode...
a. Penilaian faktor
b. Analisis titik impas
c. Pusat gravitasi
d. Transportasi
Jawaban : C
17. Alasan utama mengadakan desain dan pengembangan jasa adalah...a. Memuaskan karyawanb. Meningkatkan produksic. Memenuhi kebutuhan baru pelanggan dan perubahan kebutuhan pelanggand. Penambahan jenis produk
a. Memuaskan karyawan
b. Meningkatkan produksi
c. Memenuhi kebutuhan baru pelanggan dan perubahan kebutuhan pelanggan
d. Penambahan jenis produk
Jawaban : C
18. Hasil akhir dari seluruh tahapan proses pengembangan produk adalah...
a. Pengembangan konsep
b. Desain pada level sistem
c. Perincian desain
d. Peluncuran produk di pasar
Jawaban : D
19. Produk yang dihasilkan secara massal dengan desain dan pengembangan yang sangat terstruktur disebut...
a. Platform products
b. Quick-build products
c. High-risk products
d. Customized products
Jawaban : D
20. Pengurangan ragam proses produksi yang tidak memberikan nilai tambah bagi produk, perusahaan dan konsumen atau hanya memperbesar biaya produksi namun tidak mempunyai nilai tambah bagi produk, perusahaan dan konsumen disebut....
a. Afval
b. Jarak tempuh
c. Simplifikasi proses
d. Simplifikasi produk
Jawaban : C
21. Menyusun penjadwalan proses produksi harian dalam jumlah yang kecil tetapi dalam jenis yang lebih banyak disebut....
a. Level schedules
b. Ordering cost
c. Push system
d. Pull system' 1
Jawaban : A
22. Pelayanan yang diberikan hanya satu tahap saja, tetapi penyelenggaraan pelayanan menyiapkan beberapa titik pelayanan. Hal tersebut merupakan fasilitas pelayanan...
a. Tahap tunggal jalur tunggal
b. Tahap ganda jalur tunggal
c. Tahap tunggal jalur ganda
d. Tahap ganda jalur ganda
Jawaban : C
23. Produksi dilakukan dengan proses konversi dari input menjadi output. Produksi dapat diukur melalui...
a. Jam karyawan
b. Standar penggunaan bahan
c. Metode grafik
d. Peralatan
Jawaban : A
24. Alat yang membantu perusahaan untuk menghitung kebutuhan tenaga kerja langsung disebut...
a. Unit input
b. Unit output
c. Tabel penyelesaian kerja
d. Standar penggunaan bahan
Jawaban : C
25. Setiap pekerjaan di dalam proyek akan di cari waktu yang berhubungan dengan masing-masing pekerjaan. Waktu yang paling akhir untuk bisa di mulainya sebuah pekerjaan di sebut...
a. Earliest start
b. Earliest finish
c. Latest start
d. Latest finish
Jawaban : C
26. Bisnis yang dioperasikan dengan mencari kombinasi antara benefit bisnis skala global dengan benefit pertanggungJawab: Jawaban lokal disebut..
a. Bisnis internasional
b. Bisnis multinational
c. Bisnis transnasional
d. Bisnis global
Jawaban : C
27. Sistem pelayanan dengan prinsip bahwa pekerjaan pelayanan yang memerlukan waktu paling singkat akan dilayani pertama.hal tersebut merupakan sistem pelayanan jenis...
a. First come first serve
b. Shortest processing time
c. Longest procesing time
d. Earliest due date
Jawaban : B
28. Salah satu metode untuk melihat perbandingan persepsi pelanggan terhadap produk yang berbeda secara visual adalah dengan menggunakan...
a. Peta perseptual
b. Kemasan produk
c. Service atau layanan
d. Kuantitas produk
Jawaban : A
29. Ditemukannya rumus abc untuk mencari akar persamaan kuadrat. Merupakan contoh dari penelitian..
a. Pasar
b. Terapan
c. Produk
d. Murni
Jawaban : D
30. Pada machine life cycle (MLC), percobaan terhadap mesin dan peralatan produksi yang baru merupakan tahap...
a. Persiapan dan intalasi
b. Produksi percobaan
c. Produksi normal
d. Pemberhentian
Jawaban : B
31. Mendukung kebijakan pemilihan wujud proses yang akan dilaksanakan dalam perusahaan merupakan sudut pandang proses dalam...
a. Manajemen proses
b. Penjadwalan proses
c. Nilai tambah proses
d. Aliran proses
Jawaban : C
32. Pertambahan biaya variabel yang jumlahnya lebih besar dari pada pertambahan jumlah unit kegiatan disebut biaya variabel...
a. Progresif
b. Proporsional
c. Degresif
d. Tetap tunai
Jawaban : A
33. Fitur dan karakteristik produk yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan serta cocok untuk digunakan dan mempunyai makna yang sangat luas disebut...
a. Kualitas
b. Kapasitas desain
c. Luas perusahaan
d. Luas produksi
Jawaban : A
34. Pengendalian kualitas produk dengan penekanan pengendalian kualitas yang cukup besar kepada proses produksi yang dilaksanakan merupakan pedekatan kualitas pada...
a. Proses
b. Bahan baku
c. Produk akhir
d. Perbaikan produk
Jawaban : A
35. Perkembangan manajemen kualitas mengalami evolusi. Pada tahap yang paling awal manajemen kualitas berada pada tahap...
a. Operator
b. Supervisor
c. Inspektur
d. Kualitas total
Jawaban : A
36. Persoalan yang timbul dalam manajemen kualitas apabila tidak diperhatikan dengan cermat maka akan terjadi kesulitan yang cukup mengganggu dalam perusahaan. Salah satu alat yang dapat dimanfaatkan untuk melihat permasalahan dan penyebab terjadinya permasalahan tersebut adalah...
a. Analisis distribusi pareto
b. Diagram tulang ikan
c. Biaya pencegahan
d. Biaya kualitas
Jawaban : B
37. Perusahaan akan membedakan pelayanan kepada para konsumen berbasis kepada masing-masing segmen pasar yang adA. Hal tersebut merupakan strategi segmentasi pasar dalam...
a. Undifferentiated marketing
b. Differentiated marketing
c. Concntrated marketing
d. Rush order
Jawaban : B
38. Bahan utama yang digunakan sebagai input untuk proses produksi dinamakan...
a. Persediaan barang jadi
b. Barang setengah jadi
c. Bahan pembantu
d. Bahan baku
Jawaban : D
39. Persediaan yang jumlah fisiknya tidak terlalu banyak tetapi nilai rupiahnya cukup tinggi dalam kelompok persediaan merupakan jenis...
a. Kelas A
b. Kelas B
c. Kelas C
d. Kelas D
Jawaban : A
40. Pada hari yang sama kemungkinan besar terdapat lebih dari satu pekerjaan yang dapat diselesaikan. Untuk melihat pekerjaan yang dikerjakan pada hari yang sama, dapat dilihat dengan menggunakan...
a. Slack time
b. Gantt chart
c. Demand matching strategy
d. Steady expansion strategy
Jawaban : B
41. Biaya yang jumlahnya tergantung kepada jumlah unit bahan baku yang disimpan di dalam persediaan disebut biaya...
a. Order
b. Tetap persediaan
c. Penyimpanan
d. Pemesanan
Jawaban : C
42. Layout untuk perusahaan yang memproduksi produk dengan varian tinggi dan volume rendah sehingga Banyaknya varian produk mengakibatkan proses produksi yang dilaksanakan dalam perusahaan menjadi sangat beragam disebut dengan ...
a. Layout proses
b. Layout kantor
c. Layout produk
d. Layout layanan atau eceran
Jawaban : A
43. Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi berkaitan dengan keputusan lokal adalah...
a. Sumber tenaga
b. Perpajakan daerah
c. Tersedianya material
d. Tenaga kerja lokal
Jawaban : B
44. Keputusan lokal dapat disusun analisisnya dengan membuat keputusan tapak. Hal yang layak untuk dipertimbangkan dalam keputusan tapak adalah...
a. Komunitas lingkungan
b. Regulasi lingkungan
c. Jaringan transportasi
d. Pemenuhan persyaratan teknis
Jawaban : D
45. Maksimum output per periode dalam kondisi ideal disebut...
a. Luas perusahaan
b. Luas produksi
c. Kapasitas desain
d. Kapasitas efektif
Jawaban : C
46. Perusahaan selalu menambah kapasitas sebelum permintaan naik melebihi kapasitas yang tersedia dalam perusahaan. Hal tersebut dalam strategi ekspansi disebut...
a. Demand leading strategy
b. Demand trailing strategy
c. Demand matching strategy
d. Steady expansion strategy
Jawaban : A
47. Sistem antrian pelayanan tunggal (single-channel queuing system) dapat dijumpai pada...
a. Pelayanan teller atau kasir bank
b. Pelayanan drive through
c. Pelayanan poliklinik di Rumah Sakit Umum
d. Pelayanan tiket di jalan tol
Jawaban : B
0 komentar:
Posting Komentar